Modal Usaha Kedai Kopi, Rincian Anggaran Dan Strategi Pemasaran

Masih bingung bagaimana mendapatkan bisnis yang memiliki prospek bagus dan menguntungkan di masa depan? Usaha kedai kopi merupakan bisnis yang sangat populer saat ini, namun prospeknya tetap bagus dimasa yang akan datang. Tempat tersebut sangat diminati oleh anak-anak muda untuk berbagai macam kepentingan.

Usaha Kedai Kopi Saat Ini

usaha kedai kopi kekinian saat ini

Kini kedai kopi banyak sekali tersebar di berbagai daerah yang tentunya memiliki potensi keramaian. Kedai kopi merupakan suatu tempat yang sangat sering digunakan untuk berbagai macam keperluan dan berbagai macam tujuan.

Bukan hanya kepentingan untuk acara-acara santai seperti nongkrong bersama teman-teman, melainkan juga untuk membahas tentang suatu bisnis atau pekerjaan lainnya kita biasanya memanfaatkan kedai kopi untuk tempat berkumpul bersama membahas pekerjaan tersebut.

Suasana nyaman yang disuguhkan oleh kondisi kedai kopi tersebut akan membuat para pengunjung menjadi senang dan betah berlama-lama di tempat yang seperti itu.

Ketenangan merupakan unsur yang sangat mendukung ketika seseorang ingin melakukan gathering dengan tujuan untuk membahas sesuatu yang sangat penting layaknya bisnis.

Prospek Usaha Kedai Kopi

Prospek Usaha Kedai Kopi

Banyak sekali kedai kopi yang berada di sekitar pusat kota yang ramai akan para pengunjung. Tapi kedai kopi tidak selamanya berada di pusat kota, ada juga kedai kopi yang didirikan di sekitar perguruan tinggi yang jauh dari keramaian pusat kota.

Dengan didirikannya kedai kopi di sekitar perguruan tinggi ataupun di sekitar sekolah-sekolah tentunya membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh anak-anak muda.

Banyak mahasiswa menggunakan tempat-tempat seperti kedai kopi untuk membahas agenda kampus yang akan diselenggarakan.

Usaha kedai kopi sebagian besar digunakan untuk nongkrong sambil berkumpul-kumpul dengan teman-teman atau bahkan membahas urusan yang berbau bisnis dan kegiatan kampus.

Terutama di lingkungan kampus, para mahasiswa yang ingin mencari tempat makan pada malam hari dapat juga datang ke kedai kopi yang berada di sekitar kampus.

Dengan ramainya kedai kopi di sekitar kampus, dapat dijadikan lahan bisnis bagi para pengusaha kedai kopi yang hendak mencari tempat-tempat ramai.

Dalam menjalankan usaha kedai kopi tersebut, anda tentu akan memiliki banyak saingan karena saat ini terdapat banyak kedai kopi.

Dengan demikian variasi makanan dan minuman yang disajikan tentu akan membuat kita memiliki kemampuan bersaing yang tinggi akan usaha tersebut.

Menu makanan dan minuman yang bervariasi atau berbeda dengan tempat lainnya tentu akan membuat banyak orang dapat memilih berbagai macam makanan dan minuman.

Mendirikan bisnis kedai kopi juga harus mempertimbangkan dekorasi ruang, sangat baik bila café didesain dengan sedemikian rupa sehingga membuat para pengunjung betah nongkrong di kedai kopi yang kita dirikan.

Dengan dekorasi yang menarik membuat suasana nyaman akan terpancar dari kedai kopi tersebut. tentu kita membutuhkan banyak modal untuk mendirikan usaha ini, jadi kita perlu menghemat biaya dengan memilih apa saja yang perlu kita biayai untuk pengoperasian kedai kopi tersebut.

Modal Usaha Kedai Kopi

Modal Usaha Kedai Kopi

Bisnis kedai kopi bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan dan sangat mudah dijalankan. Setiap orangpun dapat menjalankan bisnis ini dengan sajian menu makanan yang bervariasi.

Apalagi di kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan begadang. Jika anda ingin mendapat profit sebesar mungkin dan memiliki modal yang besar, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk mendirikan kedai kopi.

Anda bisa melengkapi kedai kopi dengan hotspot area atau wifi, televisi untuk menonton pertandingan bola, serta tempat yang luas dan nyaman.

Bahkan anda bisa menyediakan televisi berukuran besar dengan beragam saluran. Jika kondisinya seperti itu, banyak orang yang tertarik untuk datang ke kedai kopi anda sambil menonton pertandingan sepak bola ataupun olahraga lainnya.

Untuk mendirikan kedai kopi, berikut ilustrasi modal dan keuntungan perbulan

Modal Awal Usaha Kedai Kopi

  • Sewa tempat: Rp 5.000.000
  • Peralatan: Rp 3.000.000
  • Alat pembuat kopi: Rp 1.000.000
  • Lain-lain: Rp 1.000.000
  • Jumlah Modal awal: Rp 10.000.000

Perhitungan Laba Usaha Kedai Kopi Tiap Bulan

Pemasukan per hari:

  • Minuman Rp 5.000,00 per gelas x 50 = Rp. 250.000
  • Makanan Rp. 7.000,00/ porsi x 30 = Rp. 210.000
  • Total pendapatan perhari Rp. 460.000
  • Pendapatan perbulan Rp. 460.000 x 30
  • Rp 13.800.000

Pengeluaran Tiap Bulan:

  • Biaya promosi Rp 200.000
  • Wifi dan telephon Rp. 500.000
  • Bahan baku makanan Rp. 3.000.000
  • Bahan baku minuman Rp 2.000.000
  • Gaji karyawan @ Rp 500.000,00 x 4 Rp 2.000.000
  • Biaya listrik dan administrasi umum Rp 200.000
  • Biaya operasional per bulan: Rp 7.900.000
  • Laba Bersih Tiap Bulan: Rp. 5.900.000

Analisa keuntungan diatas bisa lebih besar dengan bertambahnya jumlah minuman dan menu makanan yang dijual.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Kedai kopi

Menjalankan bisnis kedai akan menguntungkan bila pada tahap awal perencanaan bisnis ini anda bisa merencanakan bisnis dengan tepat. Untuk memulai bisnis kedai kopi pun anda bisa dengan mudah menjalankannya, bahkan bagi pemula memulai bisnis ini hampir sama dengan memulai bisnis-bisnis lainnya.

Berikut beberapa langkah-langkah memulai bisnis kedai kopi:

Modal

modal kopi

Bisnis kedai kopi sekalipun kecil pastinya membutuhkan modal yang bervariasi. Jika tidak mempunyai modal yang cukup besar, maka anda bisa gunakan modal yang ada untuk membuka sebuah kedai kopi. Sebuah kedai kopi, apabila dikelola dengan manajemen yang baik, bisa juga mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

Memilih tempat yang strategis

Memilih tempat yang strategis

Membuka bisnis seperti halnya bisnis kedai kopi, hal ini membutuhkan tempat yang strategis. Sebelum membuka bisnis kedai kopi, terlebih dahulu kenali lingkungan di sekitar anda. Lakukanlah survey untuk menentukan target market kedai anda.

Lihatlah apakah disekitar anda banyak komunitas-komunitas atau kawanan anak nongkrong yang bisa kita jadikan target kedai anda. Komunitas – komunitas yang bisa dijadikan target diantaranya adalah komunitas seni, komunitas musik, komunitas pencinta buku, komunitas sepeda, komunitas motor, bahkan komunitas mobil dan sebagainya.

Menentukan desain kedai

Menentukan desain kedai

Setelah mendapatkan target market selanjutnya, anda bisa menyesuaikan desain café yang akan dirintis sesuai dengan komunitas yang ditargetkan.

Apabila anda menargetkan komunitas musik maka tambahkan ornament pada desain atau pajangan yang berhubungan dengan musik, atau target kita para pencinta buku maka, sediakan beberapa buku yang menarik pagi konsumen yang datang ke kedai anda.

Strategi pemasaran usaha kedai kopi

Strategi pemasaran usaha kedai kopi

Gaya hidup masyarakat modern yang senang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bersosialisasi dan berkumpul bersama kerabat dekatnya.

Membuat pertumbuhan bisnis kedai semakin menjamur di berbagai sudut kota. Beragam menu khusus dan tempat nyaman pun kini mulai ditawarkan para pelaku usaha untuk membidik pangsa pasar yang semakin hari kian meluas.

Tak heran bila saat ini pertumbuhan bisnis kedai semakin ramai, dan persaingan pasarnya pun semakin padat. Sehingga setiap pemilik kedai kopi berusaha memberikan keunikan tersendiri untuk menarik minat calon konsumennya. Lalu, strategi promosi seperti apakah yang paling efektif untuk memikat hati konsumen?

Berikut beberapa strategi promosi yang tepat untuk bisnis kedai kopi:

Menjaga dan meningkatkan cita rasa hidangan

Menjaga dan meningkatkan cita rasa hidangan

Kunci utama yang bisa Anda gunakan untuk menjaring banyak konsumen yaitu memberikan pelayanan total kepada konsumen anda.

Ketika cita rasa hidangan yang disajikan berhasil memikat hati konsumen, dan pelayanan yang diberikan membuat pelanggan merasa nyaman, maka bisa dipastikan para konsumen tidak akan segan untuk kembali lagi ke kedai kopi anda.

Manfaatkan jejaring sosial

Strategi promosi yang sering digunakan banyak orang dan gratis yang saat ini ramai dimanfaatkan para pelaku usaha yaitu twitter dan facebook.

Dua jejaring sosial tersebut untuk memperluas peluang pasar yang dapat anda targetkan. Anda bisa membuat akun pribadi untuk kedai kopi anda atau grup penikmat kuliner di facebook atau twitter.

Dengan akun tersebut maka anda bisa menginformasikan segala kegiatan maupun menu makanan yang ditawarkan pada kedai kopi anda.

Diskon pada hari dan jam tertentu

Diskon pada hari dan jam tertentu

Jika anda ingin mendapatkan banyak konsumen apda kedai kopi anda, cara lainnya adalah dengan memberikan diskon pada hari-hari tertentu, misalnya saja diskon pada hari Sabtu dan Minggu. Selain itu anda juga bisa memberikan diskon pada jam-jam tertentu.

Memberikan kartu member dengan diskon

Memberikan kartu member dengan diskon

Kartu member dengan diskon merupakan salah satu alat yang dapat anda gunakan untuk membangun loyalitas konsumen. Dengan memberikan diskon bagi para member yang memegang kartu tersebut, maka secara tidak langsung anda telah mengikat para konsumen untuk selalu kembali dan kembali lagi ke kedai kopi anda.

Membuat website

Membuat website

Bisnis kedai juga bisa dipasarkan melalui website untuk mempromosikan produk melalui media online. Dengan adanya situs web tidak hanya membantu anda untuk mempromosikan produk maupun bisnis kedai di pasar lokal akan tetapi juga mempermudah anda untuk menjangkau pasar nasional maupun luar negeri.

Mobile marketing

Mobile marketing

Saat ini tidak hanya media internet saja yang dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk. Mobile marketing atau pemasaran melalui telepon genggam menjadi salah satu pilihan para marketeer untuk mengenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas.

Merangkul berbagai komunitas

Merangkul berbagai komunitas

Bila anda ingin mendapatkan banyak konsumen andabisa membentuk atau merangkul sebuah komunitas. Entah apa itu komunitasnya dan dimana saja, namun komunitas merupakan bagian penting dari sebuah kedai. Tanpa komunitas kedai kopi anda bisa langsung bangkrut atau tutup usaha.

Berikut beberapa cara bagaimana merangkul dan mempertahankan komunitas yang anda bangun:

1. Mencari komunitas di sekitar anda

Cari dan temukan komunitas yang ada di sekitar anda dan yang belum disentuh ( belum dimiliki oleh kedai lainnya ). Komunitas tersebut bisa berupa komunitas besar ataupun kecil dilihat dari jumlah anggotanyaatau komunitas bisa berarti orang – orang yang menggemari sesuatu.

Anda bisa membuat atau merangkul komunitas pecinta motor, komunitas penggemar mobil tua, blogger dan lainnya.

2. Pendekatan terhadap komunitas tersebut

Jika anda sudah menemukan komunitas tersebut, segera untuk melakukan pendekatan untuk memperoleh informasi.

Informasi yang harus anda peroleh adalah tentang suasana seperti apa yang disukai, senang dalam hal apa, bagaimana perilaku mereka jika berkumpul, kegiatan apa yang sering dilakukan dan lain sebagainya.

Informasi tersebut berguna bagi anda untuk menentukan suasana café dan interiornya. Selain itu anda juga bisa melakukan promosi yang sesuai dengan keinginan mereka.

3. Membuat event-event khusus

Anda bisa membuat kegiatan rutin yang sesuai dengan keinginan komunitas anda, karena kegiatan ini berguna untuk mengajak mereka untuk berkumpul dan menikmati kedai anda.

Leave a Comment