Modal Usaha Angkringan Yang Kecil, Terbukti Omset Jutaan!

Usaha angkringan saat ini sudah menjadi area nongkrong berbagai komunitas anak muda. Dengan harga murah tetapi dengan pelayanan yang memuaskan pastinya cuma dapat didapat dari usaha angkringan yang penuh dengan situasi keakraban serta penuh nuansa kekeluargaan.

Jadi tidak heran apabila beberapa orang terutama anak muda mengagendakan aktivitas berkumpul mereka di tempat-tempat angkringan favorit mereka.

Angkringan mempunyai kesan yang tidak sama jika dibanding dengan tempat makan ataupun cafe-cafe. Angkringan pada umumnya dijadikan tempat berkumpul untuk anak-anak muda baik dari kelompok umur mahasiswa ataupun orang dewasa yang telah bekerja.

Menu usaha angkringan

Menu usaha angkringan

Bebagai menu makanan dengan harga terjangkau lalu dapat didapat di usaha angkringan ini, seperti nasi kucing sambal teri, nasi kucing kering tempe, bermacam jenis gorengan seperti tempe, pisang goreng, mendoan serta lain sebagainya. Pasar lalu dengan gampang tercipta di usaha angkringan ini, serta tidak heran apabila tiba-tiba beberapa orang yang terjun dalam usaha satu ini.

Bisa dibilang juga potensi usaha angkringan cukup menjanjikan. Dan peluang usaha angkringan ini terbuka lebar untuk untuk siapapun yang ingin terjun didalamnya.

Dengan keuntungan yang cukup menjanjikan pasti membuat banyak pelaku usaha ingin mencoba usaha ini.  Dari hari ke hari pun usaha angkringan semakin menjamur bahkan dengan bertambahnya peminat usaha ini juga tidak menyurutkan peusaha lainnya untuk membuka usaha serupa.

Karena lain tempat lain cara yang digunakan untuk pemasaran maka tidak heran bila pesaing usaha semakin banyak justru membuat pelaku usaha angkringan semakin giat untuk pemasaran usaha mereka.

Modal usaha angkringan

Modal usaha angkringan

Modal

  • Pembuatan Gerobak Rp 1.500.000
  • Terpal / Tenda Rp 150.000
  • Kompor + Tabung Gas Rp 150.000
  • Meja + Kursi Rp 200.000
  • Tikar Rp 50.000
  • Penerangan Rp. 50.000
  • Peralatan Masak Rp 500.000
  • Stock Bumbu Rp 100.000
  • Total Modal Rp 2.600.000

Pendapatan per hari

  • Nasi kucing 40 x 2.000 : Rp 80.000
  • Wedang Jahe 40 x 2.000 : Rp 80.000
  • Teh/Kopi 50 x 2.000 : Rp 100.000
  • Gorengan 100 x 500 : Rp 50.000
  • Snack 50 x 500 : Rp 25.000
  • Total : Rp 335.000

Pendapatan per bulan

  • Rp. 335.000 x 30 hari
  • Rp 10.050.000

Biaya Operasional per bulan

  • Bahan baku ( Rp 200.000/hari x 30 ) : Rp 6.000.000
  • Membayar konsinyasi snack(50 bh x @Rp 400 x 30 hr ) : Rp 600.000
  • Arang : Rp. 50.000
  • Iuran listrik dan kebersihan : Rp 60.000
  • Total biaya per bulan : Rp. 6.710.000
  • Laba Bersih per bulan : Rp. 3.340.000

Langkah-Langkah Memulai Usaha Angkringan

Langkah-Langkah Memulai Usaha Angkringan

Tentukan lokasi usaha yang strategis

Setiap usaha membutuhkan lokasi yang strategis agar usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar. Anda bisa memilih lokasi menjadi potensi tersendiri untuk berkembangnya usaha tersebut.

Kompetitor usaha angkringan

Untuk memulai usaha Mulai bermunculan usaha-usaha sejenis dari masyarakat sekitar.

Estimasi penguasaan pasar

Memilih tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau masyarakat berbagai kalangan. Penambahan gerobak (cabang) di lokasi-lokasi yang sudah di survey sebelumnya, dengan target setiap tahunya sekurangkurangnya 2 gerobak bertambah.

Strategi pemasaran produk usaha angkringan

Strategi pemasaran produk

Kualitas

Kualitas makanan yang baik adalah salah satu cara untuk berpromosi. Dengan mengedepankan mutu makanan yang fresh dan bersih, hal ini cukup membantu anda untuk meningkatkan jumlah konsumen. Pastikan tidak ada makanan sisa yang kembali di sajikan agar kualitas makanan tetap terjamin.

Desain tempat usaha angkringan yang tepat

Pemilihan tempat yang strategis, penataan warung angkringan yang dibuat khas seperti penempatan makanan-makanan di meja, penempatan perlengkapan untuk membakar makanan, tempat duduk untuk para konsumen, hal ini juga bisa menjadi strategi pemasaran yang tepat.

Kemasan

Usaha angkringan tidak dikemas secara keseluruhan karena merupakan usaha makanan siap saji. Anda bisa membuat atau menciptakan ciri khas dari angkringan yang dikemas dan disajikan dengan cara yang unik, sambal klaten, mendoan bakar, dan beberapa menu lainnnya yang khas.

Proteksi

Sangat penting bagi anda untuk menjaga kualitas makanan dan konsep kekeluargaan kepada setiap konsumen. Menerima setiap masukan dan kritik sebagai langkah untuk menjaga bisnis tersebut lebih baik dan inovatif

Strategi harga

Menerapkan harga yang terjangkau dan merupakan strategi dalam menjalankan dan mengembangkan usaha kuliner. Adapun perubahan harga yang merupakan bagian dari strategi yang biasanya dipengaruhi oleh harga dari bahan-bahan mentah sebagai hal pokok.

Strategi distribusi

Usaha angkringan yang anda jalankan bisa dijual secara langsung pada gerobak yang merupakan inti ataupun awal memulai usaha yang tepatnya berada di depan tempat umum atau tempat lain yang ramai pengunjung. Selain dengan satu gerobak yang merupakan awal usaha anda, untuk pemasaran bisnis anda juga bisa menggunakan pengecer.

Diskon

Memberikan diskon harga pada hari-hari tertentu juga bisa menjadi strategi promosi yang tepat bagi usaha anda. Untuk itu jangan ragu untuk memberikan diskon kepada konsumen anda agar mereka mau berkunjung kembali di lokasi angkringan anda.

Brosur dan banner

Untuk promosi lainnya, anda bisa menggunakan banner yang dipajang di lokasi usaha anda sehingga jika orang melihatnya langsung tertarik dengan angkringan anda. Usahakan anda membuat banner dan brosur yang menarik agar orang lain yang membacanya akan semakin tertarik dengan angkringan anda.

Sosial media

Tidak ada salahnya bila anda juga berpromosi dengan facebook atau twitter, kedua sosial media tersebut bisa menjadi tempat yang baik bagi pemasaran usaha anda. Semakin anda pandai berpromosi di sosial media tersebut maka bisnis anda juga semakin dikenal orang.

Leave a Comment