Pengertian Strategi Pemasaran Produk 4P dan Strategi Pemasaran Jasa 7P

Strategi Pemasaran Jasa – Strategi pemasaran adalah upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan karena berhubungan langsung dengan konsumen sebagai pemakai produk. Maka strategi pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan dari perusahaan yang sangat erat kaitannya dengan situasi pasar.

Di zaman dimana persaingan bisnis semakin ketat, pelaku usaha harus pandai dalam menggunakan strategi pemasaran yang digunakan.

Menawarkan produk-produk yang dibutuhkan konsumen dengan kualitas yang lebih baik dari produk lain dan berbeda akan menjadi poin penting dalam meningkatan kepuasan konsumen atas penggunaan produk.

Sehingga konsumen mau dan rela kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan setia bagi perusahaan.

Strategi pemasaran produk

strategi pemasaran produk

Sebuah perusahaan yang telah mengetahui bahwa pemasaran adalah faktor yang penting agar mencapai sukses usahanya akan mengetahui adanya cara dan konsep baru yang terlibat di dalamnya.

Terdapat beberapa konsep pemasaran produk yang mendasari cara perusahaan melakukan kegiatan pemasarannya yaitu:

1. Pemasaran dilihat dari produksi

Konsep pemasaran yang dilihat dari produksi yaitu konsumen akan memilih sebuah product yang mudah didapat dan murah harganya, sehingga fokus utamanya adalah dengan meningkatkan efisiensi produksi dan memperluas cakupan distribusi.

2. Strategi dilihat dari mutu produk

Pemasaran ini dilihat dari mutu produk. Seorang konsumen/pelanggan memakai dan memilih suatu produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik dan hal-hal kreatif lainnya sehingga fokus utamanya adalah membuat produk yang lebih baik dan berusaha agar produknya lebih sempurna.

3. Pemasaran berdasarkan penjualan

Konsep ini menyatakan bahwa kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh karena itu, perusahaan bisa melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep berwawasan Pemasaran

Konsep ini menyatakan bahwa salah satu cara agar bisa mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaingnya.

Konsep ini berdasarkan pada empat sendi utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran yang terkoordinasi, serta keuntungan.

5.Konsep Pemasaran bermasyarakat

Konsep ini menyatakan bahwa tugas perusahaan adalah dengan menentukan kebutuhan dan keinginan serta kepentingan target pasar dan memenuhinya dengan lebih efektif dan efisiensi dari pada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

Strategi pemasaran 4p

strategi pemasaran 4p

Selain itu terdapat kegiatan utama pemasaran yang dikategorikan menjadi 4 bagian besar, dan dikenal sebagai strategi pemasaran 4P, yaitu :

1. Product (produk)

yang menyangkut pemilihan barang atau jasa yang ditawarkan secara tepat.

2. Price (harga)

menyangkut penetapan harga jual barang yang sesuai dengan kualitas barang dan dapat dijangkau oleh konsumen.

3. Place (tempat)

menyangkut pemilihan cara pendistribusian barang dan jasa sehingga sampai ke tangan konsumen.

4. Promotion (promosi)

menyangkut pemilihan kebijaksanaan promosi yang tepat, sesuai dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Strategi Pemasaran Jasa 7P

strategi pemasaran 7p

Strategi bauran pemasaran jasa adalah seperangkat alat yang dapat digunakan pemasaran untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Alat-alat tersebut dapat digunakan untuk menyusun strategi jangka panjang dan merancang program taktik jangka pendek, Tjiptono (2006)

Strategi pemasaran pada barang/produk yang dikenal selama ini berbeda dengan strategi bauran pemasaran untuk jasa, hal ini karena jasa memiliki karakteristik yang berbeda dengan barang yaitu, tidak berwujud, tidak dapat dipisahkan, beraneka ragam dan mudah lenyap.

Berdasarkan Zeithaml dan Bitner yang dikutip oleh Ratih Hurriyati tahun 2008 menyatakan bahwa strategi bauran pemasaran konvensional terdiri dari 4P, yaitu product, price, place, dan promotion.

Sementara itu, untuk pemasaran jasa perlu bauran pemasaran yang diperluas dengan penambahan unsur non-traditional marketing mix yaitu people (orang), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses), sehingga menjadi tujuh unsur (7P).

Masing-masing tujuh unsur bauran pemasaran saling berhubungan satu sama lain dan tergantung satu sama lainnya serta mempunyai bauran yang maksimal dan optimal sesuai dengan karakteristik segmennya.

1. Product

dapat berbentuk barang, jasa dan gagasan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen/pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Keputusan bauran produk meliputi penampilan fisik produk, tingkatan kualitas, assesoris, kemasan, line produk dan merek.

2. Price

harga atau nilai jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan/konsumen. Keputusan bauran harga berkenaan dengan strategi dan taktik seperti fleksibel harga, tingkat harga, diskon, syarat pembayaran dan diferensiasi harga.

3. Place

saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan dalam menyalurkan atau menyampaikan barang/jasa kepada para pembeli. Keputusan distribusi menyangkut tipe saluran distribusi, perantara, Iokasi fisik, transportasi, pergudangan dan manajemen saluran.

4. Promotion

cara yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan barang/jasa yang dihasilkan kepada masyarakat. Metode promosi terdiri dari periklanan, promosi penjualan, direct marketing, personal selling, dan public relation.

5. People

orang yang merupakan salah satu unsur vital dalam bauran pemasaran baik sebagai produsen, konsumen, calon konsumen maupun sebagai tenaga pemasaran.

6. Physical evidence atau bukti fisik

karakteristik jasa adalah tidak berwujud. Hal itu menyebabkan pelanggan potensial tidak dapat menilai suatu jasa sebelum membelinya, sehingga resiko yang dipersepsikan konsumen dalam keputusan pembelian semakin besar.

Untuk itu, salah satu faktor penting dalam bauran pemasaran adalah upaya mengurangi resiko dengan jalan menawarkan bukti fisik dari karakteristik jasa.

7. Process

Proses menurut Yazid (2005) adalah semua prosedur aktual, mekanisme, dan aliran aktivitas jasa yang disampaikan yang merupakan sistem penyajian dan operasi jasa.

Leave a Comment