Banyak Yang Belum Mengetahui, 10 Cara Jualan Pulsa Hingga Profit Maksimal!

Jualan Pulsa – Saat ini yang namanya pulsa bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan pokok tiap manusia untuk komunikasi. Bayangkan ada berjuta-juta umat manusia yang tiap hari membeli pulsa, gak kebayang kan gimana untungnya si jasa penyedia pulsa ini. Hahaha.

Ternyata kalau dilihat-lihat bisnis jualan pulsa kagak ada matinya, apalagi kalau ngeliat jaman kedepan nanti. Wusss. Insyaallah pebisnis pulsa bakal jadi orang tajir melipir nih.

Bagi kalian yang penasaran bagaimana jualan pulsa ini, yuk kita kupas tuntas mengenai berapa modal buat bisnis pulsa, cara jualan pulsa, dan gambaran pendapatan nantinya.

Modal Awal Jualan Pulsa

Modal Awal Jualan Pulsa

Anda mungkin ingin mengetahui mengenai berapa modal yang harus disiapkan untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik menggunakan server. Apa saja yang harus disediakan dan bagaimana cara menghitungnya? Pada dasarnya ada 3 jenis modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis pulsa elektrik yaitu: modal awal, modal kerja dan modal operasional.

Modal awal dalam berbisnis pulsa adalah jenis modal yang harus dikeluarkan di awal dan digunakan untuk jangka panjang. Modal awal ini cukup besar karena dipakai untuk jangka panjang. Untuk modal awal yang diperlukan adalah perangkat komputer , handphone , modem, kabel data, alat tulis kantor, dan barang-barang lainnya.

Modal Kerja

Jenis modal yang harus dikeluarkan untuk membuat membeli atau menjual barang. Modal kerja ini dikeluarkan tiap bulan atau setiap melakukan order. Pada prinsipnya, tanpa modal kerja Anda tidak bisa memiliki barang dagangan untuk dijual. Sebagai contoh adalah modal untuk membeli stok MKIOS, membeli stok Simpati Autorefill, mengisi deposit Indosat SEV, deposit Dompet Pulsa, membeli stok voucher fisik, deposit host-to-host dan barang-barang inventori lainnya.

Modal Operasional Jualan Pulsa

Modal ini dikeluarkan untuk membayar operasional bulanan misalnya gaji pegawai, tagihan listrik, tagihan telepon, air dan lainnya. Untuk jenis pulsa elektrik terdapat charge sms reply, kartu perdana untuk mengirim sms, mengisi ulang pulsa untuk kartu mkios, dompet pulsa dan sev, serta isi ulang sms reply.

Analisa bisnis jualan pulsa

Analisa bisnis jualan pulsa

Keuntungan yang anda dapatkan berasal dari selisih harga antara harga jual dan harga beli anda ke suplier. Dalam contoh table diatas, misalnya anda menjual produk Simpati 10.000 dengan harga beli kita ke supplier = Rp 9.825, lalu anda menjualnya ke agen dengan harga Rp 9.975,- maka keuntungan kita : Rp.150,- / transaksi isi pulsa produk tersebut yang dilakukan oleh agen-agen anda.

Pada setiap produk anda ambil keuntungan rata-rata = Rp.100 / Trx, dan jika dalam 1 hari terdapat 2000 Trx, maka keuntungan anda adalah

Laba kotor perhari

  • Laba Rata-rata produk X jumlah TRX per hari
  • Rp.100 x 2000: Rp.200.000/hari
  • Laba kotor perbulan = Rp.200.000 X 30: Rp. 6.000.000

Biaya Operasional

  • Listrik (Untuk satu set perangkat server) Rp. 25.000
  • Internet (bila menggunakan H2H dan YM) Rp. 125.000
  • Pulsa (untuk reply SMS) Rp. 100.000
  • Karyawan (tidak harus) Rp. 600.000
  • Biaya perbulan Rp. 850.000

Pendapatan Bersih jualan pulsa per bulan

  • Rp. 5.150.000

Langkah-langkah memulai bisnis jualan pulsa

Langkah-langkah memulai bisnis

Memilih tempat usaha

Untuk menjalankan bisnis pulsa ini anda bisa menggunakan rumah atau tempat lainnya yang sesuai atau strategis. Jika anda memiliki biaya lebih, anda bsia menyewa tempat yang ramai lalu lalang orang sehingga peluang anda untuk mendapatkan lebh banyak pembeli semakin besar.

Peralatan bisnis

Peralatan yang anda perlukan adalah hp karena penjualan pulsa menggunakan SMS dari hp untuk seluruh transaksinya. Pilihlah hp yang tidak mempunyai banyak fitur supaya hemat batrei, yang penting bisa SMS saja.

Lebih enak lagi hp yang bisa dual sim dan gunakan provider yang paling murah untuk sms contohnya 3 dan nomor yang satu boleh operator apa saja supaya bisa di gunakan sebagai cadangan untuk di dipararelkan. Namun jika tidak bisa sesuai kriteria di atas HP apa saja juga bisa di gunakan.

Modal

Hampir semua server pulsa all operator sekarang memberikan biaya pendaftaran gratis dengan minimal deposit yang tidak terlalu besar.

Modal yang harus anda siapkan sebesar Rp.50.000 – Rp 100.000, lebih banyak lebih baik biar tidak bolak balik mengisi deposit.

Menentukan harga jual pulsa

Menentukan harga jual bisa dengan survey pasar terlebih dulu kemudian membuat harga mengikuti harga pasar.
Memilih counter voucher elektrik

Pilih counter voucher elektrik, anda bisa memilih mono produk dan multi produk. Untuk multi produk, uang muka ke grosir minimal 300 ribu sudah bisa dapat voucher pulsa semua jenis kartu.

Pemasaran bisnis

Banyak orang yang berjualan pulsa, namun bukan berarti anda tidak akan mendapatka keuntungan saat anda menjalakan bisnis ini. Banyak strategi penjualan yang bisa anda jalankan agar bisa bersaing dengan penjual pulsa lainnya.

Berikut beberaa strategi penjualan pulsa yang efektif:

Menjual kepada tetangga

Menjual kepada tetangga

Anda bisa menyiapkan banner dan pengumuman yang bertuliskan bahwa anda menyediakan isi ulang pulsa. Untuk diawal-awal mungkin teknik menjual pulsa tersebut tidak akan memberikan hasil yang signifikan.

Namun beberapa hari nanti, maka orang orang yang sebelumnya, pada waktunya memerlukan pulsa sudah tahu dimana tempat untuk membelinya, yaitu pada tempat anda.

Menjual kepada teman kerja

Menjual kepada teman kerja

Anda bisa menjual pulsa yang anda sediakan kepada teman kerja anda. Biasanya teman akan menghargai upaya anda untuk menyediakan keperluan pulsa terhadap mereka.

Walaupun ada counter pulsa di dekat tempat kerja anda, tetap saja teman anda akan lebih yakin untuk membeli pulsa kepada anda.

Harga pulsa yang terjangkau

pulsa yang terjangkau

Strategi penjualan pulsa lainnya adalah dengan pemberian harga yang lebih murah dibandingkan counter atau tempat menjual pulsa lainnya. Satu hal lagi, jangan pernah menjual pulsa dengan cara dipinjamkan, karena modal yang anda punya cuma sedikit.

Jika itu dilakukan, yang ada uang anda tidak berputar melainkan hanya diam dan mengendap di orang yang meminjam pulsa.

Jika anda memiliki modal besar, maka strategi pemasaran yang bisa anda lakukan adalah:

Membuka Counter

Membuka Counter

Jika punya modal yang banyal, anda bisa membuka counter sendiri. Cara ini sudah umum dikenal oleh para pengusaha pulsa.

Supaya pulsa yang dijual selalu ramai pembeli, maka anda harus memberikan layanan yang berbeda daripada yang lain. Anda bisa membuat pelayanan yang ramah, transaksi yang cepat, dan kelengkapan produk yang disediakan.

Sebagai Master

Sebagai Master

Jika anda menjadi master maka anda bisa mencari downline sebanyak banyaknya dan buat agar downline tersebut aktif menjalankan usaha pulsanya.

Untuk menaikkan harga, ada baiknya jangan mematok harga terlalu tinggi. Sekalipun sedikit, jika downline anda banyak dan aktif menjalankan usahanya, maka bonus yang akan didapatkan menjadi lebih banyak.

Membuat website

Membuat website

Menjalankan bisnis pulsa pun juga bisa menggunakan website, dengan menggunakan website maka anda bisa bertransaksi secara online. Karena pulsa bisa ditransfer dengan mudah maka tak ada ruginya bila anda menjalankan bisnis ini secara online agar pemasukan anda juga lebih besar.

Promosi melalui facebook dan twitter

Promosi melalui facebook dan twitter

Anda pun juga bisa memanfaatkan facebook dan twitter untuk mendapatkan banyak pelanggan. Kedua sosial media tersebut bisa anda gunakan untuk menjalankan bisnis apapun demikian juga menjalankan bisnis pulsa.

Cara Jualan Pulsa Di Shopee

Cara Jualan Pulsa Di Shopee

Cara Jualan Pulsa Di Tokopedia

Cara Jualan Pulsa Di Tokopedia

Cara Jualan Pulsa Di Bukalapak

Cara Jualan Pulsa Di Bukalapak

Leave a Comment