Bisnis Kecil Kecilan Ini Selalu Dianggap Remeh, Padahal Menjanjikan!

Saat ini banyak peluang bisnis yang bisa anda temukan. Mulai dari bisnis yang bermodalkan banyak, bisnis kecil kecilan, hingga bahkan bisnis yang tanpa modal. Namun apakah kalian pernah berfikir untuk menjalankan bisnis yang satu ini? Salah satu bisni yang bisa dibilang menjanjikan jika pengelolaannya benar. Mari kita kupas tuntas!

Jual gorengan, bisnis kecil kecilan profit jutaan

Jual gorengan, bisnis kecil kecilan profit jutaan

Bisnis kecil kecilan makanan gorengan tetap terlalu terbuka untuk anda yang ingin dirikan usaha kuliner baik skala kecil ataupun skala besar. Peluang bisnis makanan gorengan dapat dijalankan sekalipun dengan modal beberapa ratus ribu saja atau dengan modal kecil.

Gorengan sangat banyak di gemari di berbagai daerah. Karena gorengan mudah kita dapatkan di bermacam kota di indonesia. Ada banyak jenis gorengan yang bisa anda pilih untuk dijadikan bisnisseperti pisang, tahu, tempe, bakwan, dan masih banyak jenis gorengan lainnya.

Gorengan merupakan jenis jajanan murah yang disukai hampir semua lapisan masyarakat. Kebanyakan orang membeli gorengan sekedar untuk mengganjal perut atau mengisi waktu kosong sebagai teman membaca atau minum kopi.

Makanan tersebut merupakan jenis makanan ringan yang tidak membosankan apalagi untuk lidah orang Indonesia.
Dengan banyaknya orang yang menyukai makanan gorengan, maka dapat simpulkan bahwa usaha gorengan adalah salah satu peluang bisnis yang tidak boleh dianggap sepele.

Bisnis menjual gorengan bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil, bahkan bisnis ini bisa dikerjakan dengan modal kurang dari satu juta saja.

Yang penting dalam bisnis ini adalah membuat gorengan anda dengan bumbu yang unik dan enak. Setidaknya anda harus memiliki gorengan dengan ciri khas tertentu akan membuat usaha gorengan akan cepat dikenal masyarakat.

Selain itu, tentunya anda perlu melakukan sedikit promosi ke masyarakat di sekitar usaha gorengan yang dibangun. Dengan begitu orang akan cepat mengenal bisnis anda.

Modal dan analisa keuntungan bisnis

Modal dan analisa keuntungan bisnis

Modal awal

  • Bahan baku : Rp 2.000.000
  • Gerobak : Rp 4.000.000
  • Peralatan : Rp 2.000.000
  • Total : Rp 8.000.000

Pendapatan

  • Omset/ hari 300 buah x @ Rp 1000 : Rp 300.000
  • Laba bersih / hari (50%) :: Rp 150.000
  • Laba bersih / bulan : Rp 150.000,00 x 30 hari = Rp 4.500.000,-

Langkah memulai bisnis kecil kecilan

Untuk menjalankan bisnis gorengan berikut beberapa langkah yang bisa anda jalankan:

Menentukan lokasi bisnis yang tepat

Menentukan lokasi bisnis yang tepat

Langkah pertama saat akan memulai bisnis gorengan adalah menentukan lokasi bisnis. Tempat untuk berjualan gorengan bisa berupa gerobak dorong dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah. Bisa juga ditambahkan terpal jika anda ingin berjualan menetap.

Jika hal ini tidak memungkinkan ataupun tidak menghendaki berjualan dengan menggunakan gerobak, Anda bisa menjual gorengan cukup di rumah atau depan rumah, dengan tempat yang sederhana, misalnya etalase atau cukup dengan meja untuk meletakkan gorengan.

Selain itu, berbagai alternatif tempat berjualan ini antara lain di perempatan, depan gang, depan sekolah, gerbang komplek perumahan, pinggir jalan yang ramai, dan lain-lain.

Tentunya dengan catatan bahwa tempat-tempat tersebut diperbolehkan untuk berjualan atau tidak mengganggu ketertiban umum.

Mempersiapkan peralatan untuk bisnis kecil kecilan

Mempersiapkan peralatan gorengan

Untuk menghemat biaya, anda bisa menggunakan peralatan memasak sendiri, seperti kompor, wajan dan serok untuk menggoreng tempat plastik untuk meletakkan gorengan, alat penggiling jika diperlukan, serta tas plastik atau kresek.

Juga sediakan cabe rawit karena banyak yang berpendapat bahwa rasa gorengan tidak lengkap rasanya tanpa cabe rawit. Untuk peralatan yang lain anda bisa menambahkan meja atau kursi secukupnya untuk para pembeli yang mengantri.

Menyiapkan minyak goreng

Menyiapkan minyak goreng

Untuk masalah minyak goreng, pilihlah minyak goreng yang berkualitas dan harganya terjangkau. Jika anda belum mengetahui jenis minyak apa yang tepat untuk bisnis ini, anda bisa meminta bantuan beberapa pebisnis yang sudah berhasil dalam menjalankan bisnis serupa.

Tentukan harga jual

Tentukan harga bisnis kecil kecilan

Anda harus survey pasar terlebih dulu sebelum menjual gorengan, surveylah beberapa penjual gorengan agar anda bisa menetukan harga gorengan sesuai dengan harga pasar.

Pemasaran bisnis Gorengan

Sebelum membicarakan pemasaran bisnis, dalam menjalankan bisnis gorengan tentu saja ada beberapa hambatan yang harus anda ketahui. Namun hambatan tersebut bisa anda atasi dengan mudah dengan beberapa tips yang akan dibahas di bawah ini

Berikut beberapa hambatan dalam menjalankan bisnis gorengan:

Pesaing yang cukup banyak

Dalam menjalankan bisnis satu ini, pesaing memang cukup banyak, namun dengan kreatifitas walaupun kadang hanya kreatifitas dalam meniru maka bisnis anda akan bertahan, apalagi bila anda mampu menciptakan produk yang unik dan berbeda.

Sepi pembeli

Bisnis selalu pasang surut pembeli, kadang amai kadang juga sepi. Hal tersebut juga terjadi saat anda menjalankan bisnis gorengan. Tetapi jika anda jeli mencari lokasi atau dengan konsep keliling maka hambatan satu ini bisa sedikit disiasati.

Turn Over karyawan

Kendala lain dalam menjalankan bisnis adalah ditinggal karyawan secara tiba-tiba. Jika anda menggunakan karyawan, bersiaplah anda ditinggal karyawan.

Diantara beberapa hambatan di atas, anda bisa menghindarinya dengan beberapa cara. Karena hampir semua bisnis harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat, maka anda pun juga harus menggunakan pemasaran yang tepat.

Berikut beberapa strategi pemasaran yang tepat untuk menjalankan bisnis kecil kecilan

Pemasaran bisnis kecil kecilan

Perkenalkan bisnis kecil kecilan anda pada masyarakat

Lakukan pemasaran dengan cara mengenalkan bisnis gorengan ini kepada lingkungan sekitar anda. Pengenalan produk ini bertujuan agar masyarakat mengetahui apa kelebihan dari produk bisnis gorengan anda, harga makanan yang ditawarkan,hingga pelayanan yang ditawarkan bisnis anda kepada calon konsumen.

Untuk mengenalkan bisnis makanan anda pada masyarakat dengan membuat event dan mengundang masyarakat luas untuk berkunjung ke bisnis makanan yang Anda miliki. Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan dengan mengambil karyawan lokal yang ada di sekitar lokasi usaha anda, secara tidak langsung karyawan anda akan mempromosikan tempat kerja mereka kepada kerabat serta rekan mereka.

Potongan harga

Memberikan diskon harga pada acara tertentu seperti pada saat grand openingatau pembukaan bisnis anda atau pada saat ulang tahun usaha tersebut. Selain itu kamu juga bisa memberikan paket harga spesial dihari-hari tentu, misalnya memberikan harga paket khusus keluarga pada hari-hari liburan, maupun hari raya seperti lebaran, ataupun tahun baru.

Dengan adanya potongan harga menjadi daya Tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke tempat bisnis anda. Anda dapat menggunakan brosur, pamflet, ataupun spanduk untuk mempromosikan potongan harga yang ditawarkan usaha anda.

Bangun jaringan bisnis kecil kecilan

Untuk membangun jaringan bisnis, hal ini memang tidaklah mudah, namun jaringan merupakan pemasaran yang sangat efektif. Mulailah dengan membuat jaringan usaha dengan rekan maupun kerabat dekat anda yang memang bisa membantu anda untuk mengembangkan bisnis.

Meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen

Dalam memberikan pelayanan bagi para konsumen, anda juga harus memperhatikan waktu penyajian makanan, kualitas cita rasa makanan serta kebersihan dan keamanan tempat usaha.

Pembeli akan merasa kurang nyaman apabila menunggu pesanan makanan yang agak lama, untuk itu usahakan untuk tepat waktu dan cepat dalam memberikan pelayanan.

Selain itu kualitas dan cita rasa makanan yang diproduksi harus tetap terjaga, sehingga konsumen tidak merasa kecewa jika makanan yang mereka pesan ternyata kurang enak untuk dimakan.

Dan yang ketiga adalah jagalah kebersihan serta keamanan bisnis makanan anda, sehingga konsumen yang makan ditempat anda merasa nyaman dan senang untuk berkunjung kembali ke usaha tempat bisnis anda

Leave a Comment