Memulai Bisnis Bakso, Berapa Modal Yang Dibutuhkan?

Bisnis bakso adalah salah satu bisnis kuliner yang paling banyak anda jumpai, dimanapun anda bisa menemukannya. Bisnis ini dapat dilakukan di semua wilayah dan selalu tumbuh dari waktu ke waktu.

Bisnis bakso juga tahan banting dalam semua keadaan ekonomi yang terjadi. Demikian juga waralaba bakso semakin menjamur. Dengan harga yang terjangkau namun keuntungan yang cukup besar maka anda bisa memilih bakso untuk berbisnis.

Jika anda tidak bisa membaut bakso, anda bisa mempekerjakan beberapa orang yang telah ahli dalam pembuatan bakso. Sistem waralaba pun saat ini juga bisa anda pillih untuk memulai bisnis bakso.

Peluang usaha bakso akan bertahan sampai kapanpun. Mengingat banyak orang yang menyukai kuliner ini, semakin anda bisa memberikan cita rasa bakso yang enak dan berbeda semakin mudah dan menguntungkan bisnis tersebut bagi anda.

Modal Bisnis Bakso dan Perhitungan Keuntungan

Modal Bisnis Bakso dan Perhitungan Keuntungan

Modal Awal bisnis bakso

  • Gerobak bakso: Rp 1000.000
  • Kompor dan tabung gas: Rp 500.000
  • Kursi dan Meja: Rp 1000.000
  • Mangkok, gelas: Rp 750.000
  • Perlengkapan lainya: Rp 500.000
  • Total Investasi: Rp 5.000.000

Biaya Operasional bisnis bakso perbulan

  • Sewa tempat Rp 500.000
  • Gaji karyawan Rp 750.000
  • Transportasi Rp 300.000.
  • Bahan bakso 50 porsi/hari x @ 4000 Rp 6.000.000
  • Total pengeluaran Rp 7.550.000

Perkiraan penghasilan bisnis bakso

  • 50 porsi/hari X 30 hari X Rp8000 Rp 12.000.000
  • Penghasilan rata-rata bersih perbulan Rp 4.450.000

Analisa diatas belum termasuk pejualan minuman dan makananmakanan pendukung lainya. Disinilah anda diperlukan kreatifitas untuk jualan pendukungnya.

Cara Produksi/Mendapatkan bahan baku bisnis bakso

Cara Produksi/Mendapatkan bahan baku bisnis bakso

Untuk membuat bakso anda bisa memilih beberapa tips berikut ini:

  • Carilah supplier bahan baku yang murah dan terpercaya
  • Pilihlah bahan baku yang berkualitas baik
  • Pilihlah bahan baku dengan harga yang tidak terlalu murah namun juga tidak terlalu mahal
  • Pilihlah bahan baku pembautan bakso yang alami tanpa bahan kimia tau pengawet

Proses pembuatan bakso adalah sebagai berikut:

Bahan yang harus disiapkan:

  1. Daging sapi segar yang sudah digiling sebesar 1 Kg.
  2. Tepung Kanji 1 Ons
  3. Bawang putih 6
  4. Merica bubuk 1/2 Sdt
  5. Garam 1 Sdm
  6. Roiko, atau penyedap rasa

Bahan untuk kuah:

  1. Tulang sapi yang segar
  2. Air putih
  3. Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
  4. Bawang putih 5 siung, goreng dan dihaluskan
  5. Gula 2 sendok teh
  6. Bawang goreng 1/2 sendok makan dihaluskan
  7. Daun bawang 4 batang, diambil bagian putihnya saja, kemudian iris sampai halus
  8. Garam 1 sendok makan, kaldu sapi instan, 2 sdt
  9. lada 1/2 sdt

Cara membuat bakso:

  1. Haluskan bawang putih dengan blender.
  2. Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa dan sekaligus tepung kanji.
  3. Aduk-aduk adonan tersebut hingga merata
  4. Bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
  5. Masukkan pentol bakso yang sudah jadi ke dalam air panas,
  6. Kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda bakso yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih.
  7. Angkat bakso yang telah matang.

Cara membuat kuah bakso :

  1. Rebus air bersama tulang dan semua bumbunya sampai mendidih hingga matang.
  2. Selanjutnya anda sudah bisa menyajikan bakso bersama kuahnya

Langkah-Langkah memulai bisnis bakso

Langkah-Langkah memulai bisnis bakso

Untuk memulai bisnis kuliner bakso, berikut beberapa langkah yang bisa anda jalankan:

Tentukan modal anda

Menjalankan bisnis kuliner tentunya harus mempersiapkan modal untuk membeli bahan baku, peralatan, perlengkapan dan lainnya. Jika modal anda kurang, anda bisa bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memudahkan pencairan modal usaha.

Menentukan lokasi yang strategis

Menentukan merupakan sebuah keharusan karena bisnis makanan harus mudah dijangkau oleh konsumen dari segi lokasi. Pastikan memilih lokasi yang berada, diantara atau paling tidak dekat dengan target pasar yang dituju.

Bisnis makanan, termasuk bakso hal ini membutuhkan pemilihan tempat yang menjual. Tempat yang menjual artinya, tanpa promosi yang gencar pun orang akan melalui lokasi usaha anda. Karena itu, saat menentukan lokasi bisnis bakso anda, amati beberapa banyak pengunjung di lokasi tersebut.

Tentu saja anda harus memilih lokasi yang banyak pengunjungnya. Selain pengunjung, lihat juga apakah ada parkirnya, bagaimana lingkungannya, dan apakah cocok lokasi tersebut dengan siapa segmen pasar yang akan anda bidik.

Bisnis makanan, termasuk bakso hal ini membutuhkan pemilihan tempat yang menjual. Tempat yang menjual artinya, tanpa promosi yang gencar pun orang akan melalui lokasi usaha anda. Karena itu, saat menentukan lokasi bisnis bakso anda, amati beberapa banyak pengunjung di lokasi tersebut.

Tentu saja anda harus memilih lokasi yang banyak pengunjungnya. Selain pengunjung, lihat juga apakah ada parkirnya, bagaimana lingkungannya, dan apakah cocok lokasi tersebut dengan siapa segmen pasar yang akan anda bidik.

Menentukan peralatan dan perlengkapan

Perlu anda perhatikan bahwa bakso yang berkualitas bisa dihasilkan dari peralatan dan mesin yang berkualitas sehingga pada akhirnya akan menghasilkan kepuasan dari konsumen. Semua alat dan mesin lebih baik lagi dipilih yang kualitasnya nomor satu.

Menentukan supplier bahan baku

Memilih supplier sangatlah penting, terutama saat anda bisa mendapatkan supplier yang tepat. Supplier juga berhubungan dengan keberlangsungan produksi bakso anda. Hal ini berkaitan dengan bahan baku yang secara langsung berpegaruh pada kualitas bakso yang dihasilkan.

Sebaiknya anda memiliki lebih dari satu supplier. Selain itu, anda juga memiliki bergaining soal harga bahan baku karena memiliki lebih dari satu sumber informasi harga bahan baku.

Pilihlah karyawan yang tepat dan berpengalaman

Pilihlah supplier yang memiliki keahlian atau kemampuan yang benarbenar diperlukan oleh usaha bakso. Dalam operasional sehari-hari usaha, diperlukan karyawan yang benar-benar bisa diandakan. Jika salah merekrut karywan, akan menjadi beban bagi usaha bakso anda.

Standarisasi mutu

Jangan lupakan mutu produk anda karena tantangan bagi bisnis makanan adalah soal rasa. Pastikan rasa bakso anda tidak berubah dari hari ke hari.

Terapkan standarisasi mutu produk dengan cara membuat resep dengan takaran yang pas dan tertulis. Hal ini memungkinkan rasa bakso tetap sama meskipun diproduksi oleh orang yang berbeda.

Strategi Promosi Bisnis Bakso

Strategi Promos

Membuat spanduk

Buatlah spanduk dengan warna yang mencolok dan dengan kata-kata yang menjual. Warna merah dan kuning bisa Anda pilih.

Menjaga kebersihan toko

Kebersihan toko dan peralatan usaha anda sangat mutlak untuk diperhatikan. Bagaimanapun juga, anda menjual makanan yang dikonsumsi langsung di lokasi.

Karena itu, anda harus menyediakan tempat dan peralatan yang bersih. Sebab kebersihan menjadi salah satu faktor penunjang kenyamanan pelanggan. Kebersihan juga menjadi daya tarik bagi calon pelanggan.

Pemberian training kepada semua karyawan

Kebanyakan karyawan di toko biasanya hanya berfungsi sebagai pelayan saja. Jadikanlah mereka sebagai tenaga penjual dengan melatih mereka untuk menjual sebanyak-banyaknya produk yang anda miliki.

Selalu tawarkan produk utama dan produk tambahan pada setiap konsumen yang datang. Jangan hanya berpedoman pada buku menu, apalagi jika buku menu anda banyak pilihannya agar konsumen tidak merasa bingung.

Diskon

Dengan memberikan diskon, konsumen akan semakin banyak yang membeli produk anda, jika anda memberikan diskon harga bakso pada mereka maka mereka akan semakin antusias untuk datang kembali membeli bakso anda.

Paket menu khusus

Ide memuat paket menu khusus yang bervariasi dengan harga yang terjangkau, hal ini akan membuat konsumen atau kalon konsumen anda tertarik, apalagi dengan harga menu paket yang murah dan bervariasi. Tapi, pertimbangkan juga keuntungannya, jangan sampai anda rugi saat menentukan paket tersebut.

Seragam karyawan

Beri seragam karyawan anda dan dengan seragam tidaklah mahal. Tapi dampaknya menjadikan bisnis Anda lebih terlihat profesional.

Inovasi produk

Teruslah anda berinovasi dengan menu bakso anda, semakin anda berinovasi dengan kreativitas anda maka semakin tidak bosan konsumen terhadap menu yang anda tawarkan.

Leave a Comment